fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Wapres Tekankan Pentingnya Inisiatif Kepala Daerah untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

2 min read

TOP-NEWS.id, MEDAN – Selain stimulus yang diberikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga memiliki potensi pendukung yang dapat dioptimalkan dalam menyukseskan program pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan ekonomi rumah tangga dan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM).

Oleh karena itu, diperlukan inisiatif dan inovasi dari kepala daerah agar kedua komponen tersebut dapat berjalan dengan selaras.

“Karena itu, memang selain difasilitasi stimulus pemerintah, yang menentukan adalah inisiatif dari kepala daerah, bupati dan walikota,” kata Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin saat memimpin rapat tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik serta dialog dengan para tokoh pemberdayaan ekonomi masyarakat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11/2021).

Wapres menambahkan, potensi daerah dimaksud adalah berupa lahan, sumber daya nanusia (SDM) dan modal usaha. Untuk itu, kepala daerah harus dapat mengolah seluruh potensi yang ada menjadi kekuatan pendukung suksesnya pemberdayaan masyarakat.

“Sebenarnya modal yang kita miliki itu cukup. Lahan cukup, SDM cukup. Bagaimana mengoptimalkan potensi ini bisa menjadi kekuatan, power. Itu yang diperlukan inisiatif-inisiatif,” tegas Wapres.

Melihat dari inisiatif yang telah dilakukan di daerah lain, tambah Wapres, opsi mendirikan rumah kreatif dipandang sebagai ide baik. Untuk itu, Wapres mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan di Provinsi Sumut untuk dapat mempelajari inovasi-inovasi yang telah dilakukan di daerah lain, dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan serta keadaan wilayah setempat.

“Upaya pemberdayaan membangun rumah-rumah kreatif untuk melatih. Yang saya lihat di beberapa daerah sangat baik. Bisa diduplikasi untuk bisa menjadi model dan itu besar sekali perubahan-perubahan yang akan dicapai,” ujar Wapres lagi.

“Oleh karena itu, saya mendorong semuanya terus berusaha melihat, mencontoh model-model yang sudah berhasil dalam pemberdayaan masyarakat. Potensinya semua daerah kita punya, tergantung daripada bagaimana kemampuan mengubah,” terang Wapres Ma’ruf.

Rapat dilanjutkan dengan dialog dengan beberapa perwakilan pelaku UMKM yang hadir, di antaranya perwakilan UMKM bidang kuliner dan perwakilan UMKM bidang perikanan.

Hadir dalam rapat, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kepala BAZNAS Noor Achmad, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah/FKPD (Forkopimda) Provinsi Sumut, serta para bupati dan walikota di Sumut.

Editor: Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.