fbpx
Jumat, 14 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

KKB Bakar Alat Berat Milik PT WIKA di Kampung Mangabip

2 min read

TOP-NEWS.id, JAYAPURA РKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Mereka membakar alat berat (excavator) milik PT WIKA yang tengah mengerjakan pembangunan Jalan Trans Oksibil-Kiwirok, tepatnya di Mangabip Distrik Oksebang, Kabupaten Pengunungan Bintang, Papua.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan ada pembakaran alat berat milik PT WIKA dan kasusnya sekarang ditangani Polres Pegunungan Bintang.

Cahyo mengatakan kejadian itu diketahui setelah salah seorang karyawan PT WIKA melaporkannya ke Mapolres Pegunungan Bintang di Oksibil.

“Kejadian itu, bermula saat karyawan yang bermukim di Mess Bolangkop hendak ke lokasi kerja di Kampung Mangabib. Setibanya di lokasi, mereka melihat dua alat berat jenis ekskavator dalam keadaan terbakar. Mereka pun lantas tidak berani bekerja dan kembali ke kamp dan kemudian melaporkannya ke polisi,” ungkap Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito kepada wartawan, Kamis (9/9/2021).

“Alat berat tersebut diduga dibakar Selasa malam (7/9) atau Rabu dini hari (8/9),” ucapnya.

Soal ini, Kapolres mengaku kalau anggotanya sudah ke TKP (tempat kejadian perkara) untuk melakukan pengecekan masalah itu.

Dikatakan Cahyo, saat ini karyawan PT WIKA masih berada di kamp, karena warga menjamin akan mengamankan mereka.

Excavator milik PT Wika yang sedang mengerjakan proyek Trans Papua di Pegunungan Bintang dibakar KKB (ist)

Cahyo juga menambahkan kalau sebelumnya pada 29 Juni lalu KKB juga melakukan pengrusakan terhadap truk milik PT WIKA serta mencuri peralatan perbengkelan mereka.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Balai Jalan Nasional Wamena Zepnat Kambu membenarkan adanya pembakaran terhadap alat berat milik PT WIKA yang sedang melakukan pembangunan jalan Oksibil-Towe Hitam.

“Ada beberapa alat berat yang dilaporkan dibakar, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut,” tutur Zepnat Kambu.

KKB Klaim Bakar Alat Berat Proyek Trans Papua

Pihak KKB lewat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan bertanggungjawab atas aksi pembakaran tersebut.

“Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM telah terima laporan konfirmasi dari Pimpinan Kodap 15 Ngalum Kupel Bridgen Lamek Taplo bahwa pasukan TPNPB telah berhasil membakar alat berat yang melakukan proyek jalan Trans Papua,” demikian keterangan Juru Bicara TPNPB OPM Sebby Sembom.

Sebby menyebut aksi pembakaran juga bentuk penolakan mereka atas semua program atau proyek pembangunan dari Pemerintah Indonesia.

Reporter : Yolanda Suebu

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.