fbpx
Jumat, 14 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Baru Dilantik, Bupati Koltim Kena OTT KPK

2 min read

TOP-NEWS.id, JAKARTA – Operasi tangkap tangan (OTT) KPK kembali menyasar kepala daerah. Kini giliran dari Sulawesi Tenggara (Sultra), yaitu Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya Nur yang terjaring, Selasa (21/9/2021).

Andi ditangkap bersama lima orang lainnya yang salah satunya Kepala BPBD Koltim Anzarullah. Saat ini, mereka masih berstatus sebagai terperiksa sebelum nantinya KPK menentukan perihal tersangka dalam OTT ini.

“Siapa pun pelakunya, kami tidak pandang bulu jika cukup bukti karena itu prinsip kerja KPK,” ucap Ketua KPK Firli Bahuri saat dimintai konfirmasi perihal OTT ini, Rabu (22/9/2021).

Bupati Koltim Andi diduga terjerat perkara berkaitan dengan dana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana dari BNPB.

“Kemarin sekitar jam 9 malam, penyidik KPK melakukan OTT,” jelas Kompol Dolfi Kumaseh, Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sultra dalam keterangan resminya, Rabu (22/9/2021).

Bupati Koltim dan lima orang lainnya menjalani pemeriksaan penyidik KPK di ruang Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sultra.

Menurut Kompol Dolfi, setelah diperiksa di Polda Sultra, Bupati Koltim beserta lima orang lainnya akan dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK Jakarta.

Bupati Koltim Andy Merya Nur bersama Kepala BPBD Anzharullah dibawa ke Jakarta oleh Tim KPK dengan menggunakan Pesawat Batik Air pukul 15.45 Wita untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun yang diduga dilakukan penahanan oleh Tim KPK, yaitu Andy Merya Nur (Bupati Koltim), Ansarullah (Kepala Dinas BPBD), Briptu Randi (ajudan oribadi), Yuspika (ajudan pribadi), Brigadir Novriandi (ajudan pribadi), dan Ake (sopir).

Diketahui Andi Merya baru sekitar tiga bulan terakhir ini menjabat resmi sebagai Bupati Koltim. Dicek dari situs resmi Pemprov Sultra, pelantikan Andi Merya sebagai bupati dilakukan pada 14 Juni 2021.

Gubernur Sultra Ali Mazi langsung yang melantik Andi Merya sebagai Bupati Koltim masa jabatan 2021-2026 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-1220 Tahun 2021 tanggal 2 Juni 2021.
Andi Merya sebelumnya, adalah Wakil Bupati Koltim 2021-2026. Bupati sebelumnya, yaitu Samsul Bahri Majid, berpulang karena serangan jantung pada Maret 2021. Padahal saat itu, Samsul baru sekitar 21 hari menjabat bupati didampingi Andi Merya sebagai wakil bupati.

Andi Merya sendiri sebelumnya juga merupakan wakil bupati untuk periode 2016-2021. Sedangkan untuk dua periode sebelumnya Andi tercatat sebagai anggota DPRD Kolaka dan anggota DPRD Koltim.

Reporter : David Robby
Editor : Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.