fbpx
Rabu, 1 Mei 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Babinsa Ikut Sukseskan Acara Tradisi Adat Penyerahan Mas Kawin Warga Binaannya

2 min read

TOP-NEWS.id, SUPIORI SELATANBabinsa Koramil 1708-04/Supiori Selatan Serda Mas Heluka ikut serta dalam acara adat warga binaannya dalam tradisi pemberian mas kawin keluarga besar Efraim Woof (pihak laki-laki) kepada keluarga besar pihak perempuan di Kampung Maryaidori, Distrik Supiori Selatan , Kabupaten Supiori, Papua, Sabtu (30/9/2023).

Pemberian mas kawin merupakan salah satu tradisi masyarakat Papua yang telah ada sejak leluhur hingga kini masih terus dijaga dan terpelihara. Kegiatan tersebut dilaksanakan jelang acara pernikahan, di mana pemberian mas kawin dilakukan dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

Babinsa Supiori Selatan Serda Mas Heluka bersama rombongan keluarga laki-laki memegang piring antik sebagai mahar mas kawin untuk diserahkan kepada pihak keluarga perempuan. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1708-04/Supiori Selatan Serda Mas Heluka sebagai Babinsa ikut serta dan menghormati undangan dari masyarakat.

Kehadiran Babinsa pun disambut baik oleh pihak keluarga, di mana selain melaksanakan tugas sebagai Bintara Pembina Desa, Babinsa juga telah dianggap menjadi bagian dari keluarga.

Dan diharapkan dengan hadirnya Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat semakin memperkokoh ikatan kekeluargaan antara TNI dan rakyat.

“Menjadi kepuasan tersendiri, karena mendapat undangan dari keluarga besar Luis Y Mandosir untuk hadir dalam acara adat. Ini merupakan bukti dan wujud nyata kedekatan Babinsa dengan masyarakat di wilayah binaan dan jalinan silaturahmi yang baik antar Babinsa dengan warga binaan,” ucap Serda Mas Heluka.

Efraim woof, selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang dapat hadir menyukseskan acara tersebut (tradisi pemberian mas kawin).

“Semoga ke depannya kedekatan dan keakraban antara TNI dan rakyat tetap terjaga,” kata Efraim Woof dari pihak laki-laki.

Sumber: Penerangan Kodim 1708/BN
Editor: Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.