fbpx
Jumat, 14 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Anggota DPR RI Lamhot Sinaga dan Wamendag Kunker ke Humbahas

2 min read

TOP-NEWS.id, HUMBAHAS – Anggota Komisi VI DPR RI, Lamhot Sinaga bersama Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, Sabtu (16/10/2021).

Keduanya meninjau rencana pembangunan pasar rakyat di Desa Sigumpar, Kecamatan Lintongnihuta yang akan dijadikan gudang dengan sistem resi gudang.

Anggota Komisi VI DPR Lamhot Sinaga menjelaskan, kedatangannya ke Humbahas untuk terus mendorong bagaimana komoditas hasil petani bisa diserap oleh market atau pasar yang dapat menguntungkan para petani dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga bersama Kemendag dan Bappenas berkomitmen mendukung program pengembangan korporasi petani, khususnya untuk menyokong KSPP dan penguatan kawasan sentra produksi pertanian, perikanan dan hewan.

“Dengan adanya akses terhadap pasar, tentunya nilainya naik, dan petani sangat diuntungkan. Sehingga, nanti kemudian petani itu bisa menambah derajat hidup mereka. Pak Wamen (Jerry Sambuaga) selalu bilang bahwa ini, adalah busines matching yang kita dorong langsung kepada para petani dan juga para pelaku UMKM,” ucap Lamhot dengan tegas.

Usai meninjau lokasi pasar rakyat dan cold storage, Lamhot Sinaga bersama rombongan Wamendag melanjutkan perjalanan meninjau lokasi food estate di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung.

Anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga (pakai ikatan kain kuning di kepala) dan Wamendag Jerry Sambuaga kunjungi food estate dIdampingi Sekda Humbahas Tonny Sihombing.

Lamhot Sinaga mengatakan bahwa kunjungannya ini merupakan agenda yang sudah terjadwal lama untuk melihat langsung perkembangan dan kondisi terkini food estate dengan rencana mengoperasikan resi gudang.

Anggota Komisi VI DPR RI ini merinci, untuk program pemerintah soal food estate, pihaknya meminta tata kelola perdagangan food estate didesain agar output dan outcome terukur dan tidak menimbulkan masalah ke depan.

Anggota Komisi VI DPR RI Lamhot Sinaga bersama rombongan meninjau perkebunan jagung. Penanganan komoditas dan sarana distribusi sangat diperlukan untuk korporasi petani berkelanjutan.

“Food estate dengan konsep perdagangan yang terintegritasi, jangan hanya penanaman. Hal ini supaya hasil dari food estate itu dapat dirasakan masyarakat sekitar kawasan Tapanuli. Kehadiran resi gudang nanti juga harus dapat dinikmati masyarakat,” tutur anggota Komisi VI dari Fraksi Golkar ini.

Dalam kunjungan ke Humbahas, Lamhot Sinaga juga memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN atas diinisiatifnya sendiri kepada sejumlah kelompok tani, berupa mesin pemipil jagung, bantuan pembangunan pengerasan jalan dan sarana irigasi serta bantuan sembako bertempat di “Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga” di Doloksanggul.

Kunjungan diakhiri di Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan dihadiri Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, dan Bupati Samosir Vandiko Gultom, Sekdakab Humbahas Tonny Sihombing.

Acara kunker diakhiri di Geosite Sipinsur dengan diberikan cinderamata berupa Ulos kepada Lamhot Sinaga dan Wamendag Jerry Sambuaga, ditambah jaket batik Humbang Shibori yang khas dari Kabupaten Humbahas.

Reporter: Rijhondy A Siregar
Editor: Frifo

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.