fbpx
Sabtu, 27 April 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Usai Check-Up di Singapura, Lukas Enembe Kini Kembali ke Indonesia

2 min read

Lukas Enembe

TOP-NEWS.ID, JAKARTA -Gubernur Papua Lukas Enembe, telah kembali ke Indonesia setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di Singapura. Enembe telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe telah tiba di Tanah Air pada pukul 18.05 WIB,” kata Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (1/7/2021) malam.

Lukas Enembe pulang dari Singapura ke Indonesia menggunakan pesawat maskapai Singapore Airlines bernomor penerbangan SQ 964, dalam keadaan sehat.

“Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe tiba di Indonesia dalam kondisi yang baik pascapengobatan yang beliau lakukan di Singapura,” terang Rifai lagi.

Sebagaimana diberitakan, terjadi polemik dalam kepemimpinan Provinsi Papua selama Lukas Enembe pergi ke Singapura. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Dance Yulian Flassy, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua.

Pernyataan sebelumnya, Lukas Enembe menyatakan dirinya masih aktif sebagai Gubernur Papua:
Lukas Enembe menyayangkan penunjukan Dance Flassy sebagai Plh Gubernur Papua. Penunjukan Dance oleh Kemendagri tidak dikoordinasikan kepada Lukas.l Enembe.

“Hingga hari ini perlu ditegaskan bahwa Bapak Lukas Enembe masih aktif sebagai Kepala Daerah Provinsi Papua,” tutur Rifai pada Jumat (25/6) kemarin.

Sementara itu, Kemendari melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Benni Irwan buka suara soal alasan penunjukan Dance Flassy sebagai Plh.

Benni menyebut penunjukan Plh Gubernur jadi upaya untuk mempercepat penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2021. Sebab, proses penyalurannya memerlukan dokumen yang ditandatangani oleh kepala daerah.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi mempunyai semangat yang sama untuk memastikan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sekaligus pelayanan publik di Provinsi Papua berjalan dengan sebaik-baiknya,” jelas Benni.

Editor : Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.