fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Tinjau Sat BKO Apter, Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko Bersama Rombongan Kunker ke Keerom

4 min read

TOP-NEWS.id, KEEROM – Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko SE, MM berserta rombongan lakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (23/10/2021).

Kunker dilakukan dalam rangka survei kinerja Sat BKO (Satuan Bawah Kendali Operasi) dan Penebalan Apter (Aparat Teritorial) serta pemberian bingkisan KASAD (Kepala Staf TNI Angkatan Darat).

Pada kesempatan itu, sambutan pertama oleh Bupati Keerom Piter Gusbager, SHut, MUP kepada para tamu menjelaskan bahwa Kabupaten Keerom merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Jayapura, Papua.

Dimana awal pemekaran Kabupaten Keerom, kata Piter, hanya terdiri tiga distrik dan sampai saat ini Kabupaten Keerom sudah memiliki 11 distrik. Yakni, dengan luas wilayah Kabupaten Keerom sekitar 9.362 kilometer persegi (km2) dengan panjang wilayah perbatasan dengan negara Papua New Guinea (PNG) sekitar 150 kilometer.

Bupati Keerom Piter Gusbager memberikan sambutan kepada para tamu undangan tentang Pemkab Keerom.

“Hubungan aparat keamanan TNI dengan masyarakat sangat penting, oleh sebab itu pendekatan teritorial oleh TNI sangat tepat dilaksanakan di wilayah Kabupaten Keerom,” kata Bupati Keerom di Pasar Aividjan, Jalan Trans Irian, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, dalam keterangan tertulis diterima TOP-NEWS.id, Sabtu (23/10/2021) malam.

Dikatakan Piter, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kodim (komando distrik militer) persiapan Keerom.

Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko memberikan sambutan baik terhadap Pemkab Keerom, sekaligus melihat kegiatan prajurit TNI.

“Kami berharap proses pembangunan Kodim Keerom dapat segera dilaksanakan. Untuk itu, Pemkab Keerom berkomitmen akan terus mendukung program-program dari Pusat Teritorial Angkatan Darat di wilayah Kabupaten Keerom,” ujar Piter.

Kesempatan yang sama, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi menyambut baik kedatangan Danpusterad bersama rombongan serta para tamu yabg sudah hadir pada acara Survei Kinerja Satuan BKO Apter.

Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko memberikan bingkisan dari KASAD untuk para prajurit TNI AD.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Panglima Kodam XVII / Cendrawasih mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Danpusterad beserta rombongan serta para tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir di tempat ini dalam rangka Survek Kinerja Satuan BKO Apter,” ucap Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi.

“Sebagai mana kita pahami bersama bahwa kebijakan TNI AD untuk menggelar kekuatan secara merata di seluruh wilayah perbatasan, pulau terluar dan daerah rawan masih satuan berlanjut kewilayahan, diharapkan dapat berperan sebagai ujung tombak melalui kemampuan pembinaan teritorial untuk menjadi garda terdepan TNI AD di seluruh wilayah Indonesia,” tegas Kasdam.

Bupati Keerom Piter Gusbager berikan bingkisan kepada prajurit TNI AD.

Dijelaskannya, dengan luas wilayah Indonesia bagian Timur dan rencana pembentukan satuan baru, khususnya kodim dan koramil, maka jumlah personel yang ada saat ini masih terbatas.

Untuk itu, kata Kasdam, dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, pimpin TNI AD telah mengambil kebijakan untuk membentuk satuan BKO Apter, yang bertujuan menyiapkan dan mengawaki satuan setingkat kodim dan koramil.

“Yakni, untuk persiapan di wilayah Indonesia bagian Timur sambil menunggu pengisian personel organik, termasuk yang berada di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih,” tuturnya.

Menurut Bambang, pada implementasinya, kehadiran satuan BKO Apter di wilayah Provinsi Papua sangat penting dalam rangka menyiapkan sumber daya pertahanan dan juga mendukung tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih.

Tugas Pokok Satuan BKO Apter

Adapun tugas pokok satuan BKO Apter, di antaranya:

1. Berkoodinasi dengan pemerintah daerah (pemda) dalam menyiapkan lahan guna membangun satkowil baru di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

2. Melaksanakan koordinasi dengan kepala suku atau tokoh adat setempat tentang rekrutmen putra-putri daerah untuk menjadi prajurit TNI AD.

3. Melaksanakan kegiatan komsos (komunikasi sosial) dan wasbang (wawasan kebangsaan) dengan masyarakat setempat serta menjaga stabilitas keamanan di wilayah binaan.

4. Membantu pemda dalam masyarakat sebagai kekuatan pendukung guna memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat.

5. Aktif mencari, memonitor dan melaporkan kemungkinan timbulnya ancaman bencana alam, kerawanan maupun kerusuhan sosial lainnya di wilayah binaan.

Suasana acara dipenuhi para tamu undangan yang hadir.

 

Danpusterad: Terima Kasih Pemkab Keerom

Sementara Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, SE, MM menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Keerom yang sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan kodim persiapan Keerom.

“Kami mengucapkan¬†terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Keerom yang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kodim persiapan Keerom,” terang Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Dia mengatakan bahwa tujuan kehadiran mereka di Kabupaten Keerom untuk mengecek langsung Sat BKO dan penebalan Apter di lapangan.

“Sehingga kami dapat mengetahui sejauh mana kinerja dan permasalahan atau kendala yang dihadapi Sat BKO dan penebalan Apter,” ungkap dia.

“Tugas TNI selain perang dan menjaga pertahanan negara, adalah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang diatur dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, sehingga kami berharap agar dimanapun TNI bertugas dapat bersinergi dengan pemda dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut,” tandasnya.

Danpusterad juga menambahkan bahwa secara nasional TNI masih mendapatkan persentase tertinggi dalam lembaga survei kepercayaan masyarakat terhadap lembaga/Iminstansi negara.

“Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada seluruh prajurit TNI agar tetap semangat dan mengaplikasikan delapan wajib TNI,” terang dia lagi, sembari menjelaskan ke depan, tantangan pembinaan teritorial semakin berat dan kompleks.

“Oleh sebab itu saya berpesan kepada para Babinsa agar jangan minder dalam melaksanakan tugas,” tandasnya.

Selanjutnya, acara ditutup dengan penyerahan bingkisan KASAD oleh Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko kepada perwakilan personel Sat BKO dan penebalan Apter.

Usai penyerahan bingkisan, rombongan meninggalkan Pasar Aividjan Kabupaten Keerom menuju RM Harangan Bagot, Kota Jayapura berjalan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan, Kasdam XVII/Cenderawsih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi,
Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, SIP, MH, dan Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Edwin Apria Candra, SE.

Kemudian, Kolonel Inf Joko Triyono, Letkol Inf Agus Deni, Peltu Ishak, Serda Engky Kusuma, serta M Jufri (PNS).

Rombongan Danpusterad dan tamu lainnya disambut Bupati Keerom Piter Gusbager, SHut, MUP, Kapolres Keerom AKBP Christian Aer, SH, SIK, dan Pabung Kodim 1701/Jayapura Wilayah Kabupaten Keerom Letkol Cpm (K) Uce Brabar.

Kemudian, Pabung Sat BKO Apter Persiapan Kodim Keerom Mayor Inf Edi S, Wadanramil 1701-04/Arso Lettu Inf Nasrudin, serta Plt Kepala Distrik Arso Laurens Borotian, SE.

Editor: Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.