fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Rayakan HUT Ke 76 TNI, Presiden Jokowi Pimpin Upacara di Istana

2 min read

TOP-NEWS.id, JAKARTA – Rayakan
hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin sekaligus menjadi inspektur upacara yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini, adalah “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”.

Kolonel Inf Tunjung Setiabudi bertindak selaku Komandan Upacara pada peringatan yang digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sementara, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya bertindak selaku Perwira Upacara.

Upacara HUT TNI kali ini dilakukan secara hybrid, yakni dihadiri 28 orang anggota TNI dan sisanya mengkuti secara virtual di kesatuannya masing-masing. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Mengawali upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin jalannya mengheningkan cipta bagi para arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, Letda Pnb Gilang Bella Mukti memandu pengucapan Sapta Marga.

Presiden Jokowi menuruni tangga Istana Merdeka hadiri HUT ke 76 TNI. (foto. Twitter Presiden Jokowi)

“Saya sempat menyapa para prajurit TNI di berbagai wilayah, di dalam dan di luar negeri, dari yang sedang bertugas di Lebanon, di perbatasan Indonesia, di atas kapal di perairan Natuna Utara, sampai yang sedang bertugas di RS Lapangan Indrapura, Surabaya,” ucap Presiden Jokowi dalam cuitannya di Twitter, Selasa (5/10/2021).

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras seluruh jajaran TNI sebagai penjaga kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” kata Jokowi lagi.

Hadir pada upacara tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin dan istri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fajar Prasetyo.

Dalam upacara tersebut, TNI laksanakan kegiatan gelar alutsista. Tak kurang dari 112 alutsista berjajar di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat, dan Medan Merdeka Selatan.

Editor : Frida Fodju

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.