fbpx
Minggu, 19 Mei 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Lagi, Gempa Guncang Jayapura, Sejak 2 Januari Sudah 1.351 Kali Gempa Susulan  

2 min read

TOP-NEWS.id, JAYAPURA- Kota Jayapura kembali diguncang gempa. Hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, sejak 2 Januari 2023, Jayapura diguncang 1.351 kali gempa susulan.

“Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Rabu, 1 Maret 2023 pukul 10.50 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1.351 kali dengan 205 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” ujar
Kepala Balai Besar MKG Wilayah V
Yustus Rumakiek, S.Si di Jayapura, Rabu (1/3/2023).

Gempa terkini yang mengguncang wilayah Kota Jayapura, terjadi pada Rabu, 1 Maret 2023 pukul 10:45:06 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter kekuatan M3.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.67° BT, pada jarak 9 km BaratLaut KOTA-JAYAPURA-PAPUA. Berlokasi di laut dengan kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura,” ujarnya.

Guncangan gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.