fbpx
Minggu, 19 Mei 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Jalin Silaturahmi, Dandim 1708/BN Kunjungi Rumah Ketua Dewan Adat Drs JJK Mandibodibo, S.H

2 min read

TOP-NEWS.id, BIAK – Guna menjalin silaturahmi sekaligus untuk mengetahui secara langsung kondisi Kampung Sorido yang berada di wilayah Kodim 1708/BN, Komandan Kodim (Dandim) 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int., M. Han berkunjung untuk menjalin silaturahmi ke rumah Ketua Dewan Adat Manfun atau Ketua Manfun KKB (Manfun Kakain Karkara Byak) Drs. JJK Mandibodibo, S.H, sekaligus komunikasi sosial (komsos) di Kampung Sorido, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Senin (22/1/2024).

Saat berkunjung, Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub , Int., M.Han bersama istri dan anaknya disambut langsung oleh Ketua Dewan Adat Drs JJK Mandibodibo, S.H dan keluarga. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Kedatangan Dandim 1708/BN bersama Istri dan anak-anaknya disambut langsung oleh Ketua Dewan Adat dengan tradisi injak piring sesuai adat Papua.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int., M.Han berkomsos dengan Ketua Dewan Adat Drs JJK Mandibodibo, S.H. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Ketua Dewan Adat menjelaskan bahwa injak piring merupakan upacara penyambutan seseorang untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di rumahnya.

Dikatakannya, tradisi ini sendiri dimaknai sebagai suatu ungkapan syukur, karena orang tersebut baru pertama kalinya menginjak kaki di tempat yang baru.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int., M.Han foto bersama Ketua Dewan Adat Drs JJK Mandibodibo, S.H. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Dilansir dari laman, injak piring merupakan upacara penyambutan yang dilakukan terhadap tamu atau pembesar yang pertama kali datang ke suatu tempat.

Dalam kunjungannya, Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int., M. Han, mengatakan, dirinya bertatap muka dengan para Ketua Dewan Adat, yang bertujuan untuk mejalin silahturahmi memperkenalkan diri supaya memperat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub, Int., M.Han bersama istri foto bersama Ketua Dewan Adat Drs JJK Mandibodibo, S.H. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

“Ini pertama kali saya ke Kampung Sorido. Hawanya cukup sejuk, dan saya yakin masyarakat Sorido sangat memegang serta toleransi ramah tamah dan saling mengayomi satu sama lain. Hal ini sangat terlihat dari alamnya dan kita tidak bisa temukan di daerah lain,” ungkap Dandim.

Kesempatan yang sama Ketua KKB Manfun Drs JJK Mandibodibo, S.H menuturkan, terkait kunjungan menjalin silaturahmi Dandim dan bertatap muka langsung ke rumahnya, baru kali ini dilakukan oleh Dandim 1708/BN.

Editor: Frifod
Sumber: Penerangan Kodim 1708/BN

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.