fbpx
Sabtu, 27 April 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

KADIN Belajar dari Malaysia dan Arab Saudi Bisa Naikkan Kelas Usaha Mikro

2 min read

TOP-NEWS.id, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia akan melakukan beberapa intervensi melalui program-program yang akan dijalankan. Tujuannya guna bisa mengangkat kelas dari usaha mikro ke menengah, dan menengah ke atas.

Ketua Umum (Ketum) KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, salah satu upayanya adalah dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan demikian, UMKM bisa beralih dari sektor informal dan masuk ke sektor formal.

“Bagaimana nanti ke depan kita KADIN sedang menyiapkan program-program, kita akan lakukan intervensi, inter bantu pengusaha mikro dan kecil, bagaimana membuat pengusaha mikro naik kelas,” katanya dalam Dialog Ekonomi Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia di Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Guna mendukung rencananya tersebut, kata Arsjad, saat ini pihaknya sedang meninjau program-program pendukung UMKM di negara-negara lain.

Misalnya, Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi yang telah lebih dulu melakukan stimulus kepada UMKM agar pelaku usahanya bisa naik kelas.

“Jadi nanti kita pertimbangkan, mana sekiranya program yang bisa kita adaptasi dan dijalankan di Indonesia,” ujar dia.

Selain itu, ia juga mengatakan, sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan peran UMKM di Indonesia, Kementerian Investasi juga telah mulai menyeleksi investasi yang masuk ke Tanah Air untuk bisa menggaet mitra lokal.

“Tiap investasi yang masuk akan ditanya soal siapa partner lokalnya, Apa kontribusi UMKM-nya. Ini harus kita dorong ini, bahwa UMKM bisa jadi product chain,” tandasnya.

Reporter : Alivia Sarah Putri
Editor : Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.