fbpx
Kamis, 11 Agustus 2022

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Harap Kapolda Papua Barat Beri Kesempatan Perwira OAP Jabat Kapolres

2 min read

TOP-NEWS.id, MANOKWARI – “Sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, saya ingin memberi saran konkret kepada Bapak Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing dan jajarannya untuk mempertimbangkan pemberian kesempatan utama dan pertama bagi perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) atau Komisari Polisi (Kompol) anak asli Papua¬†guna menduduki jabatan kapolres baru di Maybrat, Tambrauw dan Pegunung Arfak,” demikian disampaikan Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy, SH dalam keterangan pers, Senin (28/2/2022).

Menurut Yan, beberapa nama anak asli Papua telah memenuhi syarat untuk menduduki jabatan yang dimaksud. misalnya AKBP Mathias Krey, Kompol Kristian Sawaki dan Kompol Agustina Sineri.

“Hal ini juga penting bagi pembinaan karier para perwira menengah tersebut ke depan. Saya kira ketiga perwira anak asli Papua tersebut telah malang melintang dalam tugas kepolisian di Indonesia, Tanah Papua dan khususnya di wilayah hukum Polda Papua Barat,” kata Yan.

Sehingga, kata dia, mereka sangat layak untuk dipertimbangkan oleh Bapak Kapolda Papua Barat. Bahkan, oleh Kapolda Papua Barat dapat diusulkan mereka menjadi calon kapolres definitif di ketiga polres baru tersebut.

Selama pengamatannya, LP3BH Manokwari melihat bahwa penempatan kapolres di jajaran wilayah hukum Polda Papua Barat belum pernah ada anak Papua asli yang diberi kesempatan menempati posisi tersebut sepeninggal AKBP Mathias Krey yang pernah menduduki jabatan Kapolres Teluk Wondama.

“Hal tersebut dapat dilihat tersirat pula di dalam amanat Pasal 49 Ayat (1), (2), (3), (4) dan (5) UU RI No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua. Sehingga saya kira Kapolda Papua Barat memiliki kewenangan hukum untuk memberi kesempatan utama dan pertama bagi perwira anak asli Papua serta dapat mengusulkan pengangkatan mereka anak asli Papua berpangkat perwira polisi di jajaran polres di wilayah hukum Polda Papua Barat kepada Kapolri,” pinta advokat yang peduli Tanah Papua.

Editor: Frifod

Copyright © TOP-NEWS.ID 2021 | Newsphere by AF themes.