fbpx
Jumat, 19 April 2024

TOP-NEWS

| KAMI ADA UNTUK ANDA

Gempa M4,9 Guncang Bengkulu Utara Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia

1 min read

TOP-NEWS.id,BENGKULU- Gempabumi tektonik M4,9 mengguncang Bengkulu Utara dan sekitarnya, Senin, 20 Maret 2023 pukul 02:30:14 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang
Hartanto, ST, MM menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 3.77 LS dan 101.84 BT.

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 km BaratDaya Bengkulu Utara pada kedalaman 27 km,” terang Hartanto dalam keterangan tertulis di Tangerang, Senin (20/3/2023).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi, lanjut Hartanto, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempang Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kota Bengkulu dan Arga Makmur dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut” tambahnya.

Hingga pukul 02:41 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.

Copyright © TOP-NEWS.ID 2024 | Newsphere by AF themes.